Halo teman-teman pembaca setia BeruangID! Kali ini, BeruangID akan membahas salah satu perpustakaan umum yang legendaris di Rusia, loh! Perpustakaan apa sih? Dan apa aja koleksi yang disimpannya?

Sebagai negara yang dinobatkan paling berpendidikan, sudah pasti membuat negara Rusia ditunjang dengan literatur yang lengkap dan memadai, hal ini menjadikan Rusia memiliki beberapa perpustakaan yang menakjubkan! Salah satunya adalah Perpustakaan Nasional Rusia atau biasa disebut dengan National Library of Rusia (NLR) yang berada di kota St. Petersburg yang banyak menyimpan sejarah.

Perpustakaan Nasional Rusia merupakan perpustakaan nasional pertama di Rusia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 1795 oleh Chaterine Agung. Pendirian Perpustakaan Nasional Rusia ini bermodalkan buku-buku koleksi pribadi karya Voltaire dan Diderot yang dibeli oleh Chaterine Agung dari para ahli warisnya dan hingga saat ini koleksi tersebut masih menjadi koleksi utama dari Perpustakaan Nasional Rusia. 

A large building

Description automatically generated


Pelataran Perpustakaan Nasional Rusia, St Petersburg
Sumber: superhostel.ru

Perpustakaan Nasional Rusia di St. Petersburg adalah salah satu harta terbesar dalam warisan negara, budaya, dan sejarah Rusia. Perpustakaan ini memiliki koleksi incunabula sebanyak lebih dari 6000 item, selain itu terdapat juga buku langka yang jumlahnya lebih dari 800.000 item, semua itu termasuk buku koleksi terbesar pada era Peter the Great, buku cetak Rusia awal, koleksi luar biasa yang telah diproduksi oleh Elseviers, Aldun Manutius, dan ahli waris. Hingga saat ini, Perpustakaan Nasional Rusia telah menampung 35.718.000 item koleksi. Dengan keberagaman koleksi ini, menjadikan Perpustakaan ini dinobatkan sebagai perpustakaan yang memiliki koleksi terkaya kedua di Rusia loh!

Nahh pasti teman-teman pada bertanya-tanya kan, apa saja sih kira-kira koleksi utama di Perpustakaan National Rusia yang terkenal ini? Kali ini untuk menjawab rasa penasaran kalian, langsung aja BeruangID kasih tau 5 koleksi di perpustakan ini, ya!

Lima koleksi dari beberapa koleksi utama yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Rusia, St Petersburg:

1. St Petersburg Bede

Text

Description automatically generated
St Petersburg Bede
Sumber: ancient.eu

Saint Petersburg Bede merupakan manuskrip Anglo-Saxon yang hampir kontemporer dari sejarah abad ke-8. Sebelumnya, Saint Petersburg Bede biasa dikenal dengan nama Leningrad Bede. Manuskrip ini mengandung inisial sejarah yang paling awal dalam iluminasi Eropa.

Seperti yang kita ketahui, Perpustakaan Nasional Rusia berada di kota St Petersburg, dan alasan penggunan nama Saint Petersburg ini disebabkan karena saat itu fisik manuskrip Saint Petersburg dibawa ke Perpustakaan Nasional Rusia di St Petersburg dan kemudian dikenal sebagai Leningrad di Rusia saat Revolusi Prancis oleh Peter P Dubrovsky.

2. Leningrad Codex

A picture containing old, rug, large, sitting

Description automatically generated
Leningrad Codex
Sumber: mamoenah.web.app

Leningrad Codex merupakan naskah lengkap Alkitab Ibrani paling kuno dan terlengkap hingga saat ini. Leningrad Codex ditulis pada tahun 1009 M dalam abjad Ibrani yang menggunakan teks Masoret dan vokalisasi Ibrani Tiberias. Penanggalan penulisan Leningrad Codex tertera pada halaman akhir naskah tersebut. Leningrad Codex disimpan di Perpustakaan National Rusia of St Petersburg sejak tahun 1863. Leningrad Codex disalin di Kairo dari manuskrip yang ditulis oleh Aaron ben Moses ben Asher.

3. Codex Zographensis

Text

Description automatically generated
Codex Zographensis
Sumber: rootsofeurope.ku.dk

Codex Zographensis merupakan manuskrip yang berasal dari abad ke-10 atau ke-11 M dan ditemukan pada tahun 1843 di biara Zograf Bulgaria oleh penulis diplomat Kroasia Antun Mihanović. Manuskrip ini ditulis dengan tulisan Glagolitik dalam bahasa Slavonik (Bulgaria Kuno / Makedonia Kuno).

4. Gospel Ostomir


Gospel Ostomir
Sumber: historyofinformation.com

Gospel Ostomir merupakan manuskrip Rusia tertua yang hingga saat ini masih ada. Manuskrip ini ditulis oleh juru tulis Deacon Grigory pada 21 Oktober 1056 hingga 12 Mei 1057. Pada tahun 1720 muncul dekrit peter Agung yang mewajibkan pengumpulan informasi tentang dokumen kuno serta buku manuskrip di gereja dan biara, sehingga Gospel Ostomir dikirim dari Moskow ke St Petersburg. Namun, saat dalam proses pengiriman terjadi peristiwa kehilangan jejak pekerjaan selama 85 tahun yang menyebabkan keberadaan Gospel Ostomir tidak terdeteksi kembali. Sampai akhirnya pada tahun 1805 manuskrip tersebut ditemukan kembali, kemudian Catherine II Kaisar Alexander I memerintahkan agar manuskrip yang telah ditemukan kembali diserahkan untuk disimpan di departemen manuskrip, Perpustakaan National Rusia of St Petersburg. 

5. Gospel Trebizond

A picture containing indoor, pizza, table, sitting

Description automatically generated
Gospel Trebizond
Sumber: pikabu.ru

Gospel Trebizond adalah salah satu manuskrip Yunani yang berasal dari abad ke-10. Manuskrip ini ditulis tangan dengan Gospel Lectionary dalam dua kolom perhalaman, 18 baris perhalaman dengan huruf besar serta dihiasi dengan emas dan permata oleh Kaisar Trapezuntine Andronikus. Pada tahun 1858, Gospel Trebizond dipersembahkan oleh Ortodoks Metropolirtan dari Trebizond kepada Kaisar Alexander II dari Rusia, yang menyumbangkan ke Perpustakaan National Rusia, St Petersburg. Gospel Trebizond yang ada di Perpustakaan Nasional Rusia terdiri dari 14 lembar, manuskrip tersebut disimpan di rak tanda РНБ. Греч. 21, dengan daun 4, 11, 12 terpisah-pisah. Selain itu terdapat 15 miniatur, 6 di antaranya satu halaman penuh 6 inisial hias aneka warna dengan emas.

Nah, itu adalah kelima koleksi dari beberapa koleksi utama yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Rusia, St. Petersburg! Kalau Pergi ke Rusia, wajib banget untuk mengunjungi Perpustakaan Nasional Rusia yang ada di St. Petersburg ini! Karena selain untuk membaca, mencari referensi buku, dan melihat-lihat koleksi, berfoto di Perpustakaan Rusia Nasional Rusia ini juga keren banget untuk masuk dalam feeds social media kita. Stay tune terus di BeruangID untuk informasi yang menarik tentang Rusia lainnya, ya!

Kontributor:  Iskarohma Binti Nurhamidyah
Editor: Agetha Tri Lestari


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *