Vsyem privyet! Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar kata ‘Rusia’? Kota Moscow? Keindahan tempat wisata Rusia? Negara yang luas? Uni Soviet? Atau kartun Masha and the Bear yang menggemaskan? 

Hm, di antara itu semua, Rusia juga dikenal dengan tempat wisata yang keren dan menarik lho. Kalau kamu punya rencana jalan-jalan ke Rusia pada musim dingin, seperti saat ini, kamu wajib mengunjungi tempat wisata yang Instagramable banget. Biar bisa dibagikan di akun media sosial kamu hehehe.

Mau tahu nama tempat wisatanya apa aja? Ini dia beberapa tempat wisata yang bisa jadi list tambahan untuk liburanmu di Rusia!

1. Yamal

(Ilustrasi rusa kutub/ Pixabay/ Peter C)

Tempat yang mesti kamu kunjungi pertama kali adalah Yamal. Yep, daratan yang berada di sebelah timur laut Moscow yang berjarak 2.317 km ini, hanya dapat mendapatkan 4-5 jam sinar matahari dalam sehari. Makanya, kalau kamu mengunjungi Yamal, sebagian besar waktu akan dihabiskan dalam kondisi gelap. Gak cuma itu, di sana juga kamu bisa melihat rusa kutub yang melakukan migrasi dan pergi ke tempat lain untuk mencari makan.

Kalau diliat dari budayanya, penduduk  Yamal memiliki 20 etnis, lho. Ada beberapa etnis hidup yang masih hidup secara nomaden, salah satunnya adalah Nenets, yang punya keunikan sendiri dengan memakai pakaian  tradisional mereka yang berwarna-warni terang. Padahal kondisi di Yamal sangat dingin, tapi mereka tetap merasa hangat dengan pakaian tersebut.

Jadi, Yamal bisa jadi list pertama yang bisa kamu kunjungi di Rusia saat musim dingin. Selain menikmati keindahannya, kamu juga bisa melihat kebiasaan-kebiasaan unik dari penduduknya, seperti mengambil bongkahan es dari danau yang kemudian dilelehkan dan direbus untuk menjadi minuman teh. Menarik, kan?

Psst, kamu juga bisa menikmati keindahan Rusia dengan mengunjungi Danau Baikal, Klyuchevskaya Sopka hingga masjid terbesar di Rusia, lho.

2. Yakutia

(Ilustrasi musim dingin/ Pixabay/ Couleur)

Tempat wisata berikutnya ini adalah Yakutia, kota terdingin di Rusia, setiap pertengahan Desember dan Februari. Pada musim dingin, suhu koya Yakutia bisa mencapai -50 derajat celcius. Kebayang, nggak, tuh, akan sedingin apa? Alhasil, banyak jalanan di sana tertutup kabut yang cukup tebal.

Tapi hal menyenangkan di Yakutia, kamu bisa mencoba untuk membuat “kembang api” di musim dingin! Caranya gampang, lho. Siapkan secangkir air panas dan lemparkan air tersebut ke udara. Tadaaaaaaa…. air panas yang dilemparkan akan membeku dengan cepat dan berubah seperti kembang api es. Gak percaya? Nanti dicoba ya di Yakutia, pasti seru!

Ada lagi, kamu juga mesti keliling kota menggunakan kereta luncur anjing, yang juga merupakan alat transportasi tradisional masyarakat di sana. Anjing yang digunakan adalah Husky. Seru banget, kan, bisa jalan-jalan pakai kendaraan tradisional, sekaligus menikmati keindaha Yakutia!

Masih ada lagi! Yang satu ini bahkan jadi salah satu situs warisan dunia UNESCO, lho, yaitu Taman Nasional Pilar Lena, tebing megah yang terbentuk oleh erosi pada 400.000 tahun lalu. Waktu terbaik untuk datang ke taman tersebut adalah pada akhir Februari, saat kabut dan salju cukup reda. 

Menikmati keindahan di Yakutia, enggak bakal lengkap kalau kamu belum mencicipi makanan khas Yakutia! Di sana ada hidangan ikan yang paling terkenal bernama Stroganina, ikan beku mentah yang diiris tipis dan memanjang. Hidangan tersebut disajikan dalam Salad Indigirka, yang terbuat dari ikan yang dipotong dadu dan dibumbui dengan garam, merica, bawang merah, dan minyak sayur. Icip juga hidangan lain bernama Salamat, bubur tepung yang direbus dengan mentega, ditambah daging rebus, ikan gurame goreng dan Kerchekh (krim kocok dengan buah beri).

Terbayang kan akan nikmatnya makanan tersebut sembari melihat pemandangan musim dingin yang indah?

3. Menikmati Keindahan Aurora

(Aurora Borealis/ Pixabay/ Janeb13)

Sebenarnya, begitu banyak tempat di dunia yang bisa dikunjungi dan menikmati fenomena alam, seperti Aurora. Tapi, kalau kamu berlibur ke Rusia, enggak ada salahnya untuk melihat salah satu keindahan yang Tuhan ciptakan lewat Aurora Borealis atau disebut the Northern Lights.

Ada beberapa tempat yang bisa dinikmati untuk melihat keindahan aurora di Rusia, yakni di Murmansk, yang berada di Semenanjung Kola dan sangat terkenal dengan keindahan auroranya. Di sana kamu enggak hanya melihat keindahan alam aja, kamu juga bisa bermain ski, snowboard, dan mengunjungi desa tradisional bernama Sami.

Tempat kedua adalah Kirovsk, yang berada dekat dengan Pegunungan Khibiny di Semenajung Kola, tidak jauh dari Murmansk. Sama halnya seperti Murmansk, di Kirovsk juga bisa bermain ski pada arena khusus. Jika mengunjungi Kirovsk, kamu berkesempatan untuk melihat aurora dari ketinggian dan langit yang cerah serta jernih!

Terakhir, di Yakutia. Tapi saat mengunjungi tempat ini, pastikan kamu mengenakan pakaian tebal dan hangat ya, karena, seperti yang dibahas di poin kedua, tempat ini memiliki suhu mencapai -60 derajat celcius. Jadi, pastikan kamu menikmati keindahan aurora dengan nyaman ya!

Kalau kamu mau melihat keindahan Aurora Borealis di Rusia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya. Pastikan kamu datang di waktu yang tepat untuk melihat aurora yaitu, sekitar Januari dan Februari. Siapkan juga pakaian hangat, karena suhu berkisar antara -10 hingga -15 derajat celcius. Selain itu, biasanya kehadiran aurora itu bisa diprediksi dengan memperhatikan cuaca. Jika cuaca sedang cerah, maka dengan mudah didapatkan keindahan Aurora Borealis. Tapi kalau cuaca tidak mendukung, maka kamu tidak bisa melihatnya.

Nah, kebayangkan gimana indahnya jalan-jalan di Rusia saat musim dingin ditemani keindahan aurora secara langsung?

Tiga tempat wisata di Rusia tersebut bisa jadi list tambahanmu kalau mau jalan-jalan di musim dingin ya! Tapi ingat, kamu harus tetap perhatikan pakaian yang akan digunakan, karena cuaca di Rusia, pastinya, tidak akan sama seperti di Indonesia. Jadi, sebaiknya jangan sampai menggigil kedinginan dan gunakan pakaian hangat!

Kontributor: Raudiya Nurfadilah Hayati
Editor: Asti Nurizky


2 Comments

erotik · March 2, 2021 at 12:43 am

Your style is unique in comparison to other folks I have read stuff from. Martina Raff Fariss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *