Kalau mendengar kata makanan, otak kita pasti langsung membayangkan berbagai jenis makanan kesukaan kita. Tapi kalian bisa bayangin gak sih, kalau kita sekarang ngomongin tentang makanan Rusia? Negara yang paling luas dan memiliki penduduk sebanyak 146 juta jiwa ini kira-kira makanannya apa ya? Ada yang mirip-mirip gak ya sama makanan Indonesia?

Selain dari negaranya yang terkenal dengan keberagaman budaya, Rusia juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Buat kalian yang suka kulineran harus banget nih cobain makanan-makanan Rusia yang lezat ini.

Ada apa aja sih? Yuk check this out!

1. Borscht

Makanan
Sumber: realsimple.com

Borscht adalah salah satu makanan tradisional yang terkenal di Rusia. Borscht ini adalah sup berwarna merah pekat yang berisi campuran sayuran dan kacang. Warna merah pada sup Borscht berasal dari ekstrak buah bit.

2. Blini

Blini atau yang kita tau sebagai pancake ini adalah salah satu makan tradisional Rusia. Blini biasanya disajikan saat ada pesta pernikahan atau upacara pemakaman. Fyi, Blini juga wajib dimakan oleh wanita Rusia yang habis melahirkan loh!

Blini biasanya disajikan dengan kaviar merah atau hitam di atasnya. Tetapi seiring berjalannya waktu blini bisa disajikan dengan isian dan toping yang beragam. Bisa diisi sesuai selera kamu juga nih!

 3. Pirozhki

Pirozhki adalah sejenis roti yang diisi dengan daging, nasi, bawang, jamur. Roti isi nasi? Terdengar aneh ya untuk orang Indonesia haha kalau mau membayangkan, nasi yang ada di dalamnya seperti nasi ketan. Tetapi, ada juga beberapa orang yang membuat isinya selain yang disebutkan tadi nih, contohnya seperti keju, sayuran, bahkan dengan irisan buah.

Oh iya, biasanya beberapa orang Rusia memakan pirozhki ini sebagai makanan pendamping sup Borscht.

4. Pelmeni

Sumber gambar : tillyeats.com

Pelmeni adalah makanan sejenis dumpling yang isinya dibungkus adonan tipis tanpa ragi. Pelmeni ini memang kalau dilihat sekilas seperti pangsit ya? Tapi pangsit versi lembutnya nih, yang biasa ada di siomay. Isi dari pelmeni juga bisa beragam loh ada yang isinya daging cincang, daging ikan, jamur, atau sayur-sayuran.

5. Kulebyaka

Makanan
Sumber: taste.com.au

Kulebyaka atau Pai rusia ini adalah salah satu makanan khas Rusia loh. Banyak yang bilang kalau makanan Rusia yang satu ini tergolong sulit untuk dibuat, maka dari itu kebanyakan yang membuat Kulebyaka adalah seorang chef profesional. 

Kulebyaka memiliki isi yang banyak maka gak heran nih kalo bentuknya kelihatan lebih padat, di dalam isi kulebyaka ini bisa lebih dari 5 jenis isian loh. Wah, kalo makan bakalan kenyang banget deh.

6. Shchi

Shchi merupakan sup kubis yang terkenal di Rusia. Shchi terdiri dari kubis, tomat, dan potongan daging sapi. Shchi ini biasa disajikan dengan karbohidrat, yaitu roti gandum, atau kalau menurut orang Indonesia sih karbohidrat itu nasi ya hihi.

Sebenarnya ada beberapa varian lain dari Shchi ini yaitu, Shchi asam yang menggunakan sauerkraut sebagai pengganti kubis. Shchi hijau yang menggunakan bayam sebagai pengganti kubis juga.

7. Kholodets

Kholodets merupakan hidangan puding. Eitss, tapi puding khas Rusia ini berbeda dari puding yang lain loh. Yang membuat puding ini berbeda dari puding yang lain adalah karena terbuat dari DAGING! Wah bagaimana rasanya ya puding dicampur daging? Nah, karena pudingnya terbuat dari daging, maka kholodets ini biasanya dijadikan hidangan utama.

Nama kholodets sendiri berasal dari kata kholod, yang berarti dingin. Sesuai dengan namanya, biasanya Kholodets ini disiapkan sebagai hidangan saat festival musim dingin.

8. Beef Stroganoff

Beef Stroganoff yang merupakan makanan khas Rusia ini ternyata juga terkenal di berbagai negara dengan variasi yang berbeda. Awalnya, makanan ini dibuat oleh chef dari Perancis untuk keluarga Rusia, tapi lama kelamaan makanan ini jadi sering dibuat oleh keluarga-keluarga di Rusia.

Beef Stroganoff ini berupa daging tumis yang dimasak dengan smetana atau krim asam. Rasanya yang lezat menjadikan Beef Stroganoff ini menjadi salah satu hidangan favorit di Rusia sepanjang masa.

9. Shashlik

Shashlik yaitu sate. Bentuknya sekilas mirip seperti sate di Indonesia ya? Tapi yang bikin beda ada di sausnya nih. Kalau di Indonesia disajikan dengan saus kecap atau saus kacang sedangkan Shashlik ini disajikan dengan cream atau mayonaise.

Shashlik ini dibuat bervariasi loh ada yang menggunakan daging domba, daging sapi, daging kambing, bahkan daging babi. Sesuai selera masing-masing saja ya.

Makanan ini gak hanya terkenal di Rusia aja loh, Shashlik juga populer di Eropa timur dan Eropa tengah.

10. Olivier salad

Olivier Salad merupakan salah satu makanan khas tradisional yang ada di Rusia. Olivier salad ini juga sangat terkenal di berbagai dunia.

Umumnya Olivier Salad ini terbuat dari potongan tomat, aneka sayuran, telur rebus dan terkadang banyak juga yang menggunakan daging ham. Hmm yummy! Untuk teman-teman muslim jangan khawatir, kalian bisa mengganti daging hamnya dengan daging ayam atau daging sapi juga kok!

11. kasha

Yang terakhir nih, ada Kasha! Namanya mirip-mirip kayak penyanyi Ke$ha ya, kepopulerannya juga mirip tuh! Ya, Kasha merupakan salah satu makanan Rusia yang hitz banget deh sampai disebut sebagai “Russian Soul Food”. Kasha ini terbuat dari berbagai jenis biji-bijian. Dapat dibuat dengan nasi, Semolina, sereal, soba, Millet atau gandum.

Para orang tua lebih menyukai menyantap Kasha dengan tambahan bawang putih goreng, sedangkan anak-anak menyukai tambahan susu di Kasha mereka. Oh iya, biasanya Kasha ini dimasak untuk sarapan loh! 

Nah itu dia tadi beberapa makanan Rusia yang wajib buat kamu coba, apalagi spesial untuk kalian si tukang kulineran!

Kalau sobat BeruangID, punya rencana buat ke Rusia, jangan lupa masukin nama-nama makanan Rusia ini ke dalam list yang paling wajib untuk kalian makan di sana ya!

Kontributor : Rizky Angrayni
Editor: Astri Hardianti, Harliza Dea Sakinah


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *